Skip to content

Inilah Yang Terjadi Pada Otak Saat Kita Belajar

June 6, 2012

Tahukah kamu? Jika kita berbicara tentang belajar, kita juga berbicara tentang otak.  Belajar tidak hanya di sekolah, dalam kehidupan sehari-hari bergaul dengan orang lain disebut juga dengan belajar. Bertemu dengan orang baru, berada ditempat baru, mencoba hal-hal baru semua itu disebut juga proses belajar. Dalam mencoba pertama kali tidak harus pandai, tetapi biasanya akan membutuhkan proses.

Berbicara mengenai otak, mengertikah kamu apa yang dimaksud dengan otak dan hubungannya dengan belajar?  Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran.

Hubungannya dengan belajar? Pernakah kamu membaca sesuatu sampai dengan halaman terakhir  tetapi kamu benar-benar tidak tahu apa yang kamu baca? Tahu sebabnya? Hal ini terjadi karena cara otak kita memperhatikan, memahami dan merespon lingkungan kita.  Perlu kamu ketahui bahwa terdapat 3 Ide Otak Besar, yaitu:

1.  Tidak ada pemahaman tanpa membayangkan

Otak kita memahami informasi dengan membayangkan. Jika mendengar kata “APEL” apa yang kamu lihat: huruf A-P-E-L atau gambar buah apel? Otak kita memperhatikan kata-kata dalam bentuk gambar.  Jika kamu membaca tulisan tanpa bisa memahaminya, berarti otakmu tak bisa membayangkan kata-kata itu.

2.  Kita mendapatkan makna dengan menghubungkannya ke pengalaman sebelumnya

Otak kita mendapatkan makna lewat menghubungkan informasi baru dengan sesuatu yang dikenal.   Misalnya jika mendengar: “Gempa bumi berkekuatan dahsyat memporak porandakan Padang.”  Saat kamu mendengar kalimat itu, bagian penyimpanan memory akan membantumu membuat kata-kata itu jadi bermakna sesuai dengan apa yang sudah kamu pahami, kosakata yang kamu ketahui, dan semua hal yang sudah kamu pelajari.

3.  Saraf yang menyala bersama akan saling terhubung

Tahukah kamu otak adalah jejaring komunikasi luas yang bekerja lebih lancar dan mudah apabila sering kamu rangsang dan gunakan? Para ahli saraf mengatakan bahwa saat kamu mempelajari hal baru, otak saraf otakmu menyala, menyala, menyala untuk membuat konsep baru-dan mereka membentuk jalur baru yang bekerja dengan kecepatan lebih tinggi.

Saat kamu belajar, otakmu akan berubah fisik karena dengan belajar otak akan membuat hubungan yang baru dan lebih kuat hasilnya akan memudahkan kamu untuk memanggil kembali informasi yang pernah kamu terima dan untuk mendapatkan informasi baru yang kamu perlukan untuk mempelajari hal baru.

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: