Skip to content

Mendidik dengan melayani semua kecerdasan siswa

June 6, 2012

Kenapa semua siswa cerdas? Menurut teori Howard Gardner bahwa semua siswa memiliki kecerdasannya masing-masing. Ia menamainya sebagai Kecerdasan Berganda. Teori ini meruntuhkan keyakinan banyak orang bahwa kecerdasan seseorang identik dengan orang yang memiliki IQ tinggi.

Menurut Howard Gardner, ada delapan kecerdasan manusia, yaitu :

  1. Kecerdasan Gambar (Spatial-Visual Intelligence). Kemampuan dalam memvisualisasikan fenomena dalam bentuk gambar. Kemampuan ini tercermin dari kegemaran menggambar, menyenangi warna, garis,  kemampuan, membangun balok, dan memberikan arah di mana suatu lokasi berada. Para arsitek, pelukis, ahli desain interior, dan pilot mempunyai kecerdasan yang tinggi dalam bidang ini.
  2. Kecerdasan Mudah Bergaul (Interpersonal Intelligence). Ciri orang ini yang memiliki kecerdasan ini adalah mudah bergaul dengan orang lain, senang mencari teman, senang terlibat dalam kerja kelompok yang melibatkan diskusi kelompok. Mereka yang cerdas dalam bidang ini biasanya mampu membaca perasaan orang lain melalui nada bicara seseorang, gerak tubuh, dan ekspresi wajah. Biasanya mereka juga mudah menyelesaikan konflik dengan orang lain.
  3. Kecerdasan Kinestetik atau Fisik (Bodily-Kinesthetic Intelligence). Ciri orang yang memiliki kecerdasan ini adalah cepat mempelajari dan menguasai kegiatan-kegiatan yang melibatkan fisik, baik motorik kasar maupun halus. Mereka yang cerdas dalam bidang ini biasanya mampu menggunakan seluruh anggota tubuhnya dalam pekerjaan, pemecahan masalah, keterampilan tangan, jari, atau lengan dalam memproduksi sesuatu, seperti yang dimiliki oleh para atlet, pemain film, atau drama, penari, penyulam dan sebagainya.
  4. Kecerdasan Bahasa (Verbal-Linguistik Intelligence). Kecerdasan ini dicirikan dengan kemampuan mengekspresikan pikiran secara verbal, mudah mengingat nama atau sesuatu, dan mampu menulis dengan baik. Mereka yang cerdas di bidang ini biasanya banyak mengujukan pertanyaan dan senang berdiskusi.
  5. Kecerdasan Mengenal diri sendiri (Intrapersonal Intelligence). Ciri orang yang memiliki kecerdasan ini adalah mudah mengenali perasaan diri. Mereka yang cerdas di bidang ini umumnya dapat menghayati puisi, drama, bermeditasi, menulis jurnal, dan bercerita.
  6. Kecerdasan Musik (Musical Intelligence). Orang yang cerdas di bidang ini sangat sensitif terhadap berbagai macam bunyi, dan cepat mempelajari berbagai jenis musik, lagu, dan alat-alat musik.
  7. Kecerdasan Mempelajari Alam (Naturalist Intelligence). Orang yang cerdas di bidang ini cepat mempelajari fenomena alam, biologi, mengamati dan membaca kehidupan tumbuhan, bianatang, serta gemar akan kegiatan pecinta alam.
  8. Kecerdasan Logika-Matematika (Mathematical-Logical Intelligence). Orang yang cerdas di bidang ini cepat mempelajari angka, mengelompokan, membuat hipotesis, dan berfikir logika lainnya. Ilmuwan, filsuf, ahli matematika, dan computer programmer, adalah orang-orang yang cerdas dalam bidang ini.

Dengan demikian jelaslah bahwa tidak ada siswa yang bodoh, semua siswa cerdas. Yang membedakan adalah bidang kecerdasan masing-masing. Jangan cepat-cepat kita menghakimi siswa bodoh atau nakal, karena siapa tahu siswa tersebut akan menjadi orang hebat dengan berkembangkan kecerdasan yang ia miliki. Sederhana sekali untuk membantu siswa kita agar cerdas yaitu dengan memberi motivasi/sugesti bahwa mereka bisa melakukan apapun yang mereka mau sepanjang mereka mau berusaha dengan mengembangkan kecerdasannya. Tetaplah untuk berpandangan positif terhadap siswa kita agar mereka menjadi orang-orang yang sukses.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: